Ultras vs Hooligan

Ultras dan hooligan merupakan bagian suporter sepkabola yang identik dengan garis keras. Namun perlu digaris bawahi, jika ultras dan hooligan memiliki arti dan juga prinsip-prinsip yang berbeda atau malah bertolak belakang ketika memberikan dukungan pada tim favoritnya. Adapun untuk perbedaan ultras dan hooligan adalah sebagai berikut.

beda ultras dan hooligan

Ultras

Ultras di ambil dari bahasa latin yang memiliki arti ” di luar kebiasaan”. Jadi untuk kelompok ultras ini memang memiliki cara yang berbeda dalam memberikan dukungan pada tim favoritnya. Biasanya kelompok ultras datang ke stadioan dengan cara bergerombol dan memakai atribut tim secara lengkap dan memakai pakaian dengan warna hitam dan penutup wajah.

Mereka akan selalu berdiri sepanjang pertandingan dengan tanpa memperdulikan hasil pertandingannya. Ultras juga akan selalu bersorak dengan yel-yel atau menyanyikan lagu-lagu tertentu untuk membrikan dukungan pada tim favorintnya. Selain itu, biasanya kelompok ultras juga suka memancing perhatian dengan meyalakan flare atau kembang api didalam stadion. Terkadang mereka juga membentuk koreo dengan makna tertentu sebagai bentuk kreatifitasnya.

Hooligan

Hooligan di ambil dari bahasa Inggris dengan artian yang lebih keras dengan makna berandal atau bajingan. Dari konteks makna saja bisa sebenarnya dengan mudah untuk untuk dijabarkan. Mereka terkenal lebih brutal di banding ultras dan suka membuat onar baik saat sebelum pertandingan berlangsung atau saat pertandingan berlangsung. Hal ini bisa kita evaluasi saat timnas Ingrris bertanding di event besar seperti ajang piala dunia. Sering para hooligan terlibat keributan dengan suporter lawan bahkan ketika pertandingan belum dimulai apalagi jika timnya kalah.

Dari segi penampilan saja, sebenarnya mereka tampil lebih lebih bebas dan cenderung klasual agar bisa membaur dengan secara bebas dengan suporter yang lain termasuk lawan. Hal ini bertujuan untuk mengelabuhi pihak keamanan agar kehadiran mereka tidak terdektesi. Selain itu, para hooligan ini duduk tidak secara berkelompok atau bersama. Melainkan cenderung lebih suka berpencar dan memakai atribut identintas tim yang didukungnya.

Lihat juga : bikin jersey soccer

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *