Fenomena online shop atau toko online saat ini cukup berkembang di dunia maya. Toko online telah menjadi pilihan baru saat ini bagi para penjual maupun pembeli yang ingin menjual dan/atau membeli barang atau jasa. Hal tersebut karena kemudahan dan kepraktisannya baik dalam menjual atau membeli produk.

Perkembangan teknologi yang ada saat ini juga mempunyai andil yang besar dalam perkembangan bisnis online. Cukup dengan duduk manis pun asalkan ada koneksi internet kita bisa bertransaksi secara online baik itu menjual atau membeli barang / jasa. Terlebih dengan sistem pembayaran yang juga bisa dilakukan secara online, tinggal klik dan transaksi selesai.

Adanya kemudahan tersebut membuat toko online mempunyai prospek yang besar ke depannya. Potensi maupun pangsa pasar yang dimiliki toko online sangat besar dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Ini terjadi karena toko online bisa didatangi oleh pengunjung darimana saja dan kapan saja. Sehingga pengunjung berpotensi akan selalu ada. Pembuatan toko online sendiri juga lumayan bervariasi, misalnya dengan sosial media seperti facebook dan instagram; melalui marketplace seperti shopee dan tokopedia; atau dengan membuat website e-commerce tersendiri.

Toko online yang menjual dagangannya melalui e-commerce mereka sendiri biasanya membuat website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website profesional. Namun tak jarang juga ada yang membuat sendiri website nya untuk menekan biaya. Walaupun begitu, jasa pembuatan website sendiri juga sudah banyak menawarkan biaya yang cukup terjangkau.

Memiliki toko online sendiri tidak serta merta membuat semua orang mampu mendatangkan tafik pengunjung pada toko online mereka. Trafik pengunjung pada toko online merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis melalui toko online. Tanpa adanya trafik, toko online bagaikan toko yang tidak laku dan mati suri. Trafik pengunjung di suatu online mempunyai potensi untuk mendatangkan pembeli dan lebih jauh, pelanggan. Walaupun tidak menjamin 100% pengunjung yang mengunjungi toko online akan membeli di toko online tersebut, namun setidaknya akan menaikkan presentase pembeli untuk datang jika toko online memiliki trafik yang tinggi.

Dengan melihat pentingnya trafik pengunjung bagi kelangsungan toko online, maka setiap pemilik toko online harus memiliki strategi agar pembeli mengunjungi toko onlinenya. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menaikkan trafik toko online yaitu:

  1. Menulis judul produk yang menarik
    Kebanyakan orang memilih melihat judul terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunjungi sebuah tautan. Maka harus membuat judul yang menarik dan harus sesuai dengan isinya.
  2. Mempromosikan melalui media sosial
    Saat ini media sosial mempunyai pengaruh yang cukup besar dimana hampir semua orang memiliki akun media sosial. Untuk itu maka mempromosikan website toko online melalui media sosial akan sangat membantu untuk menaikkan trafik pengunjung toko online.
  3. Memasang iklan
    Cara lain yang bisa dilakukan untuk menaikkan trafik pengunjung di toko online adalah dengan memasang iklan. Iklan seringkali jauh lebih cepat untuk menarik pengunjung karena langsung ditampilkan saat itu juga.
  4. Menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO)
    Search engine optimization (SEO) adalah metode untuk mengoptimasi website agar lebih mudah ditemukan di dalam pencarian melalui mesin pencari. Website toko online yang sudah di optimasi akan lebih cepat dimunculkan di posisi yang strategis di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.
  5. Mendaftarkan produk maupun toko di Katalog Toko Online
    Dengan mendaftarkan produk pada direktori toko online, akan lebih mudah mendatangkan pengunjung karena telah terdaftar di direktori toko online. Selain itu juga bisa melihat ranking halaman website toko online kita.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *