Bagi kamu yang sedang berlibur di Semarang, terutama jika menginap di hotel dekat simpang lima, jangan sampai terlewatkan menikmati Minggu pagi di Simpang Lima Semarang.

Setiap hari Minggu di area Simpang Lima (sebagian Jalan Pahlawan dan Pandanaran) diadakan Car Free Day. Mulai Pukul 06.00 sampai sekitar pukul 09.00 area ini bebas dari lalu lalang kendaraan bermotor.

Saya senang berjalan pagi bersama keluarga pada saat berlangsungnya car free day. Selain udara yang lebih bersih, pertimbangan lainnya, sebagai pejalan kaki saya merasa lebih aman dan nyaman, apalagi kalau membawa balita yang suka berlarian ke sana kemari.

Bukan hanya ramai dengan pejalan kaki, banyak juga warga yang sengaja datang membawa sepeda, bermain otopet, dan bermain sepatu roda. Beberapa perusahaan, lembaga atau instansi sering juga mengadakan event di lokasi ini pada minggu pagi. Seperti acara jalan santai, senam bersama, atau demo memasak. Seru dan ramai.

Jika datang membawa kendaraan bermotor, kamu dapat memarkir kendaraan di area taman KB JalanTri Lomba Juang, samping kantor pos di Jalan Erlangga, atau di pingir Jalan Pandanaran sebelum masuk kawasan Car Free Day.

Ingin mengitari bundaran simpang lima tapi lelah berjalan? Sewa saja becak hias. Biasanya dikemudikan oleh si pemilik becak. Tapi jika anggota keluarga kamu cukup banyak, dikendarai sendiri juga boleh, supaya cukup kursinya, sehingga tidak perlu menyewa dua becak.

Oya becak hias ini kalau malam keliatan lebih cantik lho, karena lampu-lampu yang dipasang dipinggiran becak akan dinyalakan, sehingga bentuk hiasan becaknya akan terlihat jelas. Ada yang berbentuk angsa, doraemon, gajah, dan aneka bentuk lainnya.

Selain becak hias, disewakan juga beragam mainan untuk anak, seperti mobil mini yang bisa dikendarai sendiri oleh sang anak.

Untuk anak yang masih terlalu kecil, yang belum bisa mengendari mobil-mobilan sendiri, ada remote control yang bisa digunakan orang tua untuk membantu mengendalikan mobil si anak, maju, mundur maupun berbelok.

Datang ke simpang lima saat car free day bisa jadi ajang window shopping juga. Karena memang cukup banyak orang yang berjualan di sini mulai dari makanan, minuman, mainan, buku, dan pakaian. Tapi lebih sering jadi shopping beneran sih, apalagi kalau bawa anak-anak, hehe.

Perut lapar setelah puas berjalan-jalan di area simpang lima? Sebelum pulang, sarapan dulu di pujaseranya. Ada beberapa pilihan makanan yang ditawarkan, seperti bubur ayam, gudeg, dan lontong opor.

Menikmati Minggu pagi di Simpang Lima Semarang, bisa jadi pilihan wisata yang sederhana, murah, namun mengasyikkan kan?

SUMBER: Hello Semarang

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *