Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah yang mempunyai hak Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang awal mulanya merupakan peleburan kerajaan atau Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Ada banyak sekali destinasi wisata yang layak dan patut untuk dikunjungi. Yogyakarta atau orang biasa menyebut Djogja sudah terkenal sampai keluar negeri dan mempunyai banyak sekali destinasi wisata layak dan patut untuk di kunjungi. Banyaknya objek wisata yang indah tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal dalam negeri, tak heran jika setiap hari kota djogja selalu ramai dengan para wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata djogja ini. Setiap tahun selalu ada saja peningkatan pesat kunjungan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kota Wisata Yogyakarta

Bentuk wisata djogja meliputi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), wisata budaya, wisata alam, wisata minat khusus, dan berbagai fasilitas destinasi wisata lainnya, seperti resort, hotel, dan restoran. Tercatat ada lebih 37 hotel berbintang, dan lebih dari 1.011 hotel melati di seluruh DIY pada saat ini untuk menampung para wisatawan yang berkunjung. Keanekaragaman upacara adat, keagamaan, dan budaya dari berbagai agama serta didukung oleh kreativitas seni, dan keramah tamahan masyarakat djogja, membuat kota ini mampu menciptakan produk-produk budaya, dan pariwisata yang menjanjikan. Banyak sekali desa wisata yang layak dikunjungi.

Secara geografis, djogja juga diuntungkan oleh jarak antara lokasi objek wisata yang terjangkau, dan mudah ditempuh. Sektor pariwisata sangat berkembang dan menjadi motor penggerak utama kegiatan perekonomian djogja yang secara umum bertumpu pada 5 sektor andalan yaitu: Sektor jasa seperti rental mobil djogja, Sektor perdagangan, Sektor penginapan/hotel, sektor restoran/perbelanjaan, serta sektor pertanian. Dalam hal ini pariwisata djogja memberi efek pengganda yang nyata bagi sektor perdagangan dan jasa rental mobil djogja disebabkan meningkatnya akan kunjungan dari para wisatawan. Selain itu, penyerapan tenaga kerja, dan sumbangan terhadap perekonomian daerah sangat signifikan.

Nah bagi anda yang belum mengunjungi dan berwisata djogja saya doakan agar Anda bisa berlibur kesana.. Karena banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *