Ketika sampai pada sumber bahan yang sesuai untuk kebutuhan perkakas Anda, Anda harus mempertimbangkan logam yang paling fleksibel dan berlimpah.

Aluminium.

Sejarah telah membuktikan bahwa baja dan aluminium adalah dua logam yang paling sering digunakan dalam pembuatan alat. Sebelum kedua bahan ini berdiri berdampingan, konsensus adalah bahwa baja adalah pilihan yang lebih tepat untuk aplikasi industri. Baja selalu identik dengan kekuatan. Namun, paduan aluminium saat ini telah berkembang menjadi alternatif yang kuat dan tahan lama. Dengan kemampuan mesin yang disukai aluminium, penghematan biaya dalam proses pembuatannya telah mempengaruhi banyak pembuat alat untuk mencari logam yang luar biasa ini. Apa yang dulunya merupakan pilihan sekunder dalam pembuatan perkakas dan cetakan, kini telah menempatkan dirinya tepat di sebelah baja sebagai pilihan utama.

Manfaat Memilih Aluminium Daripada Baja

Mengapa Anda memilih aluminium daripada baja di pabrik? Untuk menjawab, Anda harus mempertimbangkan peningkatan teknologi yang dibuat untuk produksi paduan aluminium di samping jumlah paduan khusus yang sekarang tersedia. Perbaikan ini adalah mengapa aluminium adalah pilihan utama untuk pembuatan perkakas dan cetakan.

Pertama, diketahui bahwa baja adalah material yang jauh lebih sulit daripada aluminium. Namun, berkat kemampuan kerja dan kerapatan aluminiumnya, mesin jauh lebih mudah daripada baja. Oleh karena itu, aluminium meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu alat berat. Rata-rata, toko alat yang bekerja dengan aluminium akan melihat penurunan 25% dalam waktu pemesinan dibandingkan dengan baja. Hal ini memungkinkan produsen alat dan mesin mati untuk menghasilkan lebih banyak pesanan, mengeluarkan pesanan lebih cepat, dan menghemat biaya tenaga kerja dan pemeliharaan alat.

Meskipun aluminium lebih bisa dikerjakan daripada baja, kerapatan yang lebih rendah dapat menjadi tantangan bagi teknisi yang terbiasa bekerja dengan baja. Salah satu pertimbangan utama untuk pembuatan alat adalah pengalaman dan pengetahuan pekerja. Mereka yang memiliki pengetahuan yang kuat tentang baja hanya dalam alat dan proses manufaktur mati kemungkinan akan berjuang bekerja dengan aluminium. Karena sifat aluminium jauh berbeda dari baja, proses pembuatannya bervariasi secara dramatis. Untuk memastikan produk yang berkualitas, sangat penting bahwa perusahaan menawarkan pelatihan yang intensif dan menyeluruh untuk pembuat alat mereka atau merekrut mereka yang sudah memiliki pengalaman permesinan aluminium.

Dalam beberapa tahun terakhir, aluminium dianggap sebagai logam “lunak”. Oleh karena itu, produsen alat menganggap aluminium hanya bermanfaat sebagai prototipe. Perbedaan ini cenderung digunakan dalam 500 jalur produksi atau kurang. Pikirannya adalah untuk menggunakan perkakas aluminium untuk menjalankan prototipe, kemudian beralih ke perkakas baja untuk semua jalur produksi. Ini adalah kasus karena banyak yang tidak mengerti berbagai paduan aluminium dan sifat perspektif mereka. Tidak cukup banyak penelitian yang dilakukan untuk menggunakan logam dengan benar untuk industri pembuatan alat dan die.

Saat ini, paduan aluminium kuat dalam sifat mekaniknya. Karena ketersediaan informasi tentang paduan dan sifat, banyak pembuat alat berpengalaman dalam karakteristik paduan ini. Dengan opsi untuk menggunakan pelapis permukaan dan proses sekunder untuk memperpanjang usia pahat, aluminium dapat dianggap sama kuat atau kuatnya dengan baja. Alat aluminium modern dan die sekarang mampu menahan lebih dari 100.000 tembakan produksi. Aluminium tidak lagi dipandang sebagai logam “prototipe”. Saat ini, ia telah menjadi pilihan material utama untuk pembuatan alat dan cetakan.

Aluminium fleksibel, tahan lama, bisa digunakan, dan ringan. Saat mempertimbangkan logam untuk perkakas Anda, pertimbangkan total biaya. Kemampuan kerja aluminium sering melebihi biaya awal yang sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan baja. Untuk banyak aplikasi perkakas dan mati, aluminium cocok untuk bangunan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *