Dosis Dan Manfaat Pupuk Urea Untuk Tanaman Padi – Secara garis besar dalam bercocok tanam padi ada beberapa jenis pupuk yang bermanfaat diaplikasikan secara bersamaan. Seperti yang direkomendasikan pemerintah, pupuk kandang dan pupuk buatan dibutuhkan bersama – sama dalam bercocok tanam padi.

Dimana diketahui bahwa pupuk buatan bermanfaat tidak hanya satu jenis saja pada umumnya digunakan petani untuk tanaman padi ada tiga jenis yaitu pupuk urea, pupuk SP36 dan pupuk KC1.

Dosis pupuk urea yang diberikan untuk masing – masing jenis pupuk tersebut di atas berbeda – beda tergantung dengan jenis tanah yang akan ditanami padi. Tetapi pada umumnya seperti anjuran pemerintah, pada satu hektar sawah terekomendasi dosis pupuk yang diberikan adalah 250 kilogram urea, 100 kilogram SP36, dan 75 kilogram KC1. Masing – masing dosis pupuk bisa disesuaikan dengan keperluan masing – masing lahan pertanian.

Manfaat Dari Pupuk Urea Untuk Tanaman Padi

1/Dengan mengaplikasikan pupuk ini maka diharapakn tanaman padi para petani akan menghasilkan panen secara maksimal.

2/Seperti halnya terhadap pupuk yang lainnya secara umum, ditemukan beberapa manfaat dan kelebihan yang ditawarkan oleh pupuk urea untuk tanaman padi para petani.

3/Masing – masing tanaman khususnya tanaman padi memerlukan nitrogen yang mencukupi agar pertumbuhannya berjalan secara optimal.

4/Tersebut di atas disebabkan karena unsur hara nitrogen yang terkandung di dalam pupuk urea memiliki kegunaan yang sangat besar untuk kesuburan tanaman padi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Membantu menjadikan daun tanaman lebih hijau segar dan banyak mengandung klorofil / butir – butir hijau daun yang memiliki peran penting dalam proses fotosintesis.
  • Membantu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi seperti terhadap tinggi tumbuhan, jumlah anakan, jumlah cabang dan lain sebagainya.
  • Mampu membantu kandungan protein dalam tanaman menjadi berjumlah stabil.
  • Bisa bermanfaat untuk segala jenis tanaman baik itu tanaman pangan, tanaman holtikultura, dan tanaman perkebunan.
  • Melalui proses pemupukan yang benar dan tepat secara teratur dan dilakukan berkelanjutan maka tanaman akan tumbuh dengan segar, sehat, dan dapat memberikan hasil yang berlipat ganda serta tidak akan merusak struktur tanah yang akan digunakan.

Maka dari itu pupuk urea banyak memiliki kandungan terhadap unsur hara nitrogen / N sebesar 46 persen mampu menawarkan keuntungan terhadap tanaman padi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang dosis dan manfaat pupuk urea untuk tanaman padi, semoga bermanfaat !

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *