Meskipun tidak berbahaya secara medis, tetapi gigitan tungau bisa mengakibatkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit. Ini tentu sangat mengganggu aktivitas atau penampilan seseorang. Tungau adalah hewan kecil yang mirip kutu dan juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena ukuran tungau hanya 0,5 mm saja. Biasanya hewan ini tinggal di kasur karena kebersihan kasur atau kamar yang kurang terjaga. Umumnya tungau kasur ini meninggalkan serpihan tubuhnya di bawah dan juga pinggiran kasur atau lipatan sprei.

baca juga vacuum tungau jakarta

Bahaya Gigitan Tungau Kasur

Tungau bisa menggigit bagian kulit yang terekspos pada tubuh manusia. Bisa jadi dia akan menggigit di bagian wajah, kaki, tangan, punggung dan bagian lain. Perbedaan mendasar antara gigitan kutu dan juga nyamuk, jika kutu kasur cenderung menggigit di sebuah pola garis lurus sementara nyamuk cenderung acak saat menghisap darah manusia.

Meskipun tidak menimbulkan masalah yang serius, biasanya reaksi yang ditimbulkan karena digigit hewan ini berupa bentol-bentol. Bentol ini akan terasa sangat gatal dan bisa sembuh dalam waktu sekitar seminggu jika sudah di oleskan krim antihistamin sebagai anti alergi.

baca juga sedot tungau bekasi

Tetapi ternyata tungau kasur perlahan-lahan bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Seseorang yang digigit oleh tungau ini bisa mengalami ketidaknyamanan ketika tidur. Mengalami kecemasan, kurang tidur dan merasa malu. Disamping itu, stress yang ditimbulkan saat digigit tungau ternyata bisa berefek untuk kesehatan seseorang ketika mengontrol emosinya. Selain itu juga dapat menurunkan kesejahteraan hidup.

Gigitan Tungau di Mata

Biasanya ini disebabkan oleh tungau demodex. Ini merupakan salah satu jenis tungau yang sering ditemukan pada folikel rambut, dahi, sisi hidung, kulit wajah, lubang telinga bagian luar, kelopak mata dan bulu mata. Gigitan yang dihasilkan oleh tungau ini bisa mengakibatkan iritasi, gatal, kemerahan, kulit lebih sensitif, kulit terasa panas dan perih, folikulitis, eksim dan fragmentasi pada kulit anda.

Ada beberapa cara untuk mengobati gigitan tungau jenis ini bisa dilakukan dengan perawatan rumahan atau obat oles dengan atau  tanpa resep dokter. Perawatan rumahan bisa dilakukan dengan menggunakan shampo yang lembut atau shampo bayi untuk mencuci rambut. Mengoleskan tea tree oil agar bisa membasmi telur tungau. Membersihkan wajah sehari dua kali menggunakan pembersih waja. Melakukan perawatan kulit wajah dengan cara berkala agar sel kulit mati terangkat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *