Pada umumnya, foto pernikahan merupakan sebuah hal yang penting bagi setiap calon pengantin karena dapat dijadikan sebagai pengingat akan hari sakral tersebut. Setiap foto membawa mereka kembali ke hari istimewa yang dikelilingi oleh semua orang yang mereka cintai. Fotografer pernikahan merupakan bagian penting dari proses tersebut, fotografer tersebut ada untuk mengabadikan momen-momen kecil pasangan pada hari yang indah tersebut. Selain itu, banyak pasangan juga menyewa jasa seorang fotografer pernikahan ketikaa menjelang hari istimewa itu, seperti foto pertunangan dan pre-wedding.

Bisnis fotografer pernikahan sangat cocok bagi Individu yang telah memperoleh pengalaman langsung dalam profesi fotografi dan cukup percaya diri untuk menghasilkan keuntungan dari pengalaman tersebut. Sehingga, jika Anda mempunyai skill fotografi dan sangat menyukai dunia tersebut, maka bisnis ini sangat cocok bagi Anda.

Jika Anda sudah memutuskan untuk membuka bisnis fotografi pernikahan Anda sendiri, maka Anda harus bisa jelaskan tujuan dan visi profesional Anda, baik untuk perusahaan maupun sebagai individu. Apakah Anda lebih suka menyewa staf fotografer atau Anda akan secara langsung bekerja di lapangan untuk mengabadikan momen-momen sempurna itu?

Beberapa hal yang harus dilakukan ketika Anda menjalankan bisnis fotografer pernikahan

Biasanya, sebagian besar acara yang Anda foto akan berlangsung pada akhir pekan, sehingga pada hari kerja, Anda kebanyakan akan menghadiri rapat dan menangani tugas yang ada di kantor. Meskipun setiap hari akan bervariasi, terdapat beberapa yang biasanya dilakukan oleh individu yang menjalankan bisnis fotografer pernikahan, seperti:

Bertemu dengan klien potensial untuk membahas kebutuhan mereka, layanan yang Anda miliki, dan harga yang Anda tawarkan. Setelah melakukan deal dengan klien tersebut, maka Anda akan sering memiliki setidaknya satu pertemuan lagi, di mana Anda akan membahas visi mereka lebih jauh untuk pernikahan dan sesi pemotretan tambahan.

Jika Anda tidak terbiasa dengan lokasi pernikahan tersebut, maka kunjungi lokasi tersebut secara langsung untuk menentukan pencahayaan dan mengidentifikasi area yang ideal untuk pemotretan.

  • Menyiapkan sesi pemotretan
  • Bepergian ke setiap lokasi
  • Melakukan edit foto
  • Bertemu dengan klien Anda untuk berbagi foto dan mengidentifikasi foto mana yang ingin mereka pesan
  • Mengirim gambar untuk proses pencetakan dan pembuatan buku pernikahan
  • Melakukan perawatan rutin pada peralatan fotografi
  • Mempelajari tentang tren fotografi terbaru
  • Menghadiri acara komunitas fotografi
  • Mengembangkan dan pertahankan strategi pemasaran Anda
  • Mendelegasikan tanggung jawab kepada admin dan tim fotografer Anda

Biasanya, bagi sebagian orang, sulit untuk menjaga keseimbangan antara tugas kreatif dan tugas administratif mereka. Jika keseimbangan ini adalah sesuatu yang Anda perlukan dalam bisnis tersebut, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk mempekerjakan seseorang yang mampu beberapa hal tentang pengelolaan administrative tersebut.

Target pasar bisnis fotografer pernikahan

Fokus utama Anda adalah pada pasangan yang bertunangan, dan yang sedang mencari fotografer untuk hari istimewa mereka. Hal ini sering mengharuskan Anda untuk menghadiri beberapa pemotretan, dan membuat foto pertunangan hingga pernikahan yang menarik. Karena alasan ini, banyak fotografer pernikahan dapat memperluas layanan mereka untuk mencakup lebih dari sekadar acara pernikahan.

Sebuah bisnis fotografer pernikahan biasanya menghasilkan pendapatan dari setiap layanan yang Anda berikan. Ini termasuk: pemotretan, pembuatan album, dan pencetakan foto (termasuk pengeditan). Sleain itu, beberapa bisnis juga menawarkan layanan mereka dalam bentuk paket, sementara yang lain membebankan biaya untuk setiap layanan secara individu.

Tips menjalankan bisnis sebagai seorang fotografer pernikahan

  • Selalu persiapkan kamera cadangan dan flash Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.
  • Untuk mendapatkan gambar yang bagus secara konsisten dan meminimalkan waktu pengeditan, biasakan memotret dalam mode manual.
  • Ingatlah bahwa, di sebagian besar tempat, bisnis fotografi pernikahan bersifat musiman. Unutk menanggulanginya, berkreasilah dengan berbagai cara Anda dapat menawarkan layanan kepada publik selama musim sedang sepi.
  • Mempromosikan bisnis melalui sebuah website. Biasanya untuk melakukan ini, para pebisnis memanfaatkan penyedia jasa pembuatan website yang ada di daerah mereka.
  • Ajukan banyak pertanyaan kepada klien Anda. Ini adalah salah satu cara agar Anda bisa mengetahui apa yang mereka cari dari foto pernikahan mereka.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *