Pernahkah Anda mendengar kata “resensi”? kata resensi sering digunakan ketika seseorang berbicara tentang menerbitkan novel atau menerbitkan buku. Dalam artikel santinorice akan memberi tahu bagai mana cara membuat resensi buku nonfiksi , berikut :

Cara Membuat Resensi Buku Non-fiksi

Jika Anda mengalami langkah-langkah sulit untuk meninjau buku, maka Anda berhak mengunjungi artikel ini. karena kami memberikan beberapa contoh ulasan buku yang cukup lengkap beserta prosedur untuk tinjauan yang baik dan benar.

Tentukan buku yang akan ditinjau

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin meninjau buku adalah pertama-tama menentukan buku mana yang akan Anda lihat lagi. Buku yang layak atau layak diulas adalah buku yang memenuhi persyaratan berbeda. Persyaratan yang dimaksud adalah:

Berisi hal-hal atau masalah yang nyata atau nyata
Buku ini memiliki kualitas yang sangat baik
Tidak pernah ditinjau sama sekali
Buku itu adalah buku baru

Tulis buku identitas

Saat menulis identitas atau ID yang harus diperhatikan adalah judul buku, siapa penulisnya, siapa penerbitnya, nama penerbit kota buku itu, tahun penerbitan buku itu, berapa banyak halamannya, dan sebagainya. .

Contoh identitas buku:
Judul buku: Muhammad Al Fatih 1453
Penulis buku: Felix Siauw
Editor buku: Salman Iskandar
Editor Buku: Al Fatih Press
Materi: kelima November 2013
Ketebalan buku: XXVI + 320 halaman
ISBN: 9786021799703

Tulis ringkasan buku atau sinopsis buku tersebut

Menulis sinopsis sebuah buku memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang isi buku tersebut. Untuk menulis sinopsis sebuah buku dengan baik, perlu membaca dengan seksama seluruh isi buku untuk memahami seluruh isi buku. Ringkasan buku harus mencerminkan struktur umum dari isi buku.

Jelaskan kekuatan dan kelemahan buku-buku itu

Setelah menulis ringkasan atau sinopsis sebuah buku, langkah selanjutnya yang Anda ambil ketika melakukan tinjauan adalah menulis tentang kekuatan dan kelemahan isi buku tersebut.

Mengapa Anda perlu menjelaskan kelebihan dan kekurangan buku? Karena tujuan dari reviewer adalah untuk mengevaluasi isi sebuah buku dengan mengungkap kekuatan dan kelemahan dari isi buku tersebut.

Ketika Anda membuat penilaian ini, Anda dapat memberikan jawaban pribadi untuk buku yang Anda tinjau. Meski begitu, penilaian yang Anda berikan dalam bentuk respons pribadi terhadap buku harus dilakukan dengan jujur ​​dan objektif.

Tulis ulasan buku

Jika Anda dapat melengkapi dan mendapatkan semua data pendukung di atas, langkah selanjutnya adalah data yang telah Anda peroleh dengan memeriksanya menggunakan skrip yang sangat koheren dan koheren.

Di akhir ulasan, jangan lupa untuk mengirim rekomendasi kepada pembaca tentang apakah membaca buku atau tidak.

Demikian pembahasan tentang cara membuat resensi buku yang dapat kami sampaikan , semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca . Terima kasih!

Sumber : https://santinorice.com/contoh-resensi-buku/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *