Merencanakan trip solo? Berita baiknya adalah, Anda tidak sendirian. Rata-rata, sekitar setengah anggota petualangan kelompok kecil akan bepergian sendiri. Angka-angka mungkin berbeda dari satu liburan ke liburan berikutnya, tetapi lebih banyak orang berangkat pada petualangan solo – dan mengapa tidak? Lalu, ketika memikirkan lokasi untuk petualangan solo, apa yang kita cari? Sebuah kota dengan pemandangan yang belum pernah kita lihat, dan sebuah destinasi yang sangat unik, itu akan meninggalkan kita dengan kenangan yang akan bertahan selamanya, setuju?

Yogyakarta harus menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi. Dengan begitu banyak pilihan wisata yang harus dilakukan, tidak heran Yogyakarta memiliki fitur pada banyak rencana perjalanan wisatawan. Dengan jaringan transportasi yang luar biasa di seluruh Jawa, dan bandara yang terhubung dengan baik, angkutan umum, rental mobil. Sungguh, ini adalah tempat tepat. Ini tercermin juga dalam berbagai pilihan yang ditawarkan, mulai dari asrama hemat yang melayani backpacker, hingga hotel butik berdekorasi halus yang menawarkan layanan yang sangat personal, ada sesuatu yang bisa didapat untuk semua orang yang mengunjungi Yogyakarta, jantung dan jiwa Jawa.  Berikut hal yang dapat anda eksplor :

1. Anda Tidak Perlu Mengunjungi Afrika Untuk Melihat Bukit Pasir

Pernahkah Anda ingin mencoba sandboarding? Selamatkan diri Anda dari merencanakan perjalanan mahal ke Afrika! Cukup bepergian ke Yogyakarta untuk alternatif yang lebih mudah diakses. Yang membuat gundukan pasir Parangkusumo unik adalah gundukan pasir Barchan. Selain itu, terjadinya bukit pasir atau tepian pasir dianggap sebagai fenomena yang tidak biasa di Yogyakarta, daerah yang umumnya memiliki curah hujan sangat tinggi. Bukit pasir di sini berbeda dari bukit pasir lainnya di dunia. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para ahli, gundukan pasir ini berasal dari letusan Gunung Merapi di mana sedimen dibawa oleh sungai ke pantai selatan Jawa Tengah. Kedengarannya tidak biasa bukan? Jadi, ketika Anda ingin menemukan tempat wisata Yogyakarta untuk petualangan solo Anda, mari coba kunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Selain itu, Pantai Parangkusumo adalah salah satu pantai Yogyakarta yang populer dan wajib dikunjungi!

2. Menikmati Wisata Lava Merapi

Tur Lava Merapi adalah petualangan off-road di lereng Gunung Merapi dengan latar belakang yang serius. Tur diadakan di sekitar wilayah yang paling terkena dampak ledakan vulkanik terakhir. Selama tur, Anda didorong berkeliling dengan jip 4 √ó 4 melalui pemandangan yang indah. Anda juga akan mengunjungi beberapa desa yang ditinggalkan setelah letusan terakhir. Ini jelas salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Yogyakarta ketika Anda mengunjungi kota. Dan ya, Anda bisa melakukannya untuk petualangan solo berikutnya! Mungkin Anda akan menemukan sesuatu yang unik saat bepergian sendirian.

3. Pengalaman Budaya di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki sejarah panjang akulturasi antar budaya, sebuah proses di mana pengaruh budaya dominan menggantikan, meminjam atau memodifikasi ide dan praktik dari budaya lain. Jadi, Anda tidak hanya akan menemukan perpaduan tradisi yang eklektik, tetapi beragam agama dan budaya yang hidup dalam harmoni di antara populasi mayoritas Muslim – sebuah contoh toleransi yang langka dan luar biasa untuk zaman dan zaman kita. Anda bahkan dapat mengalami banyak tradisi yang dipertahankan masing-masing kelompok, terutama di daerah pedesaan. Yogyakarta dipenuhi dengan wisata budaya dan acara merayakan budaya Jawa secara besar-besaran, dan beberapa tradisi ini tidak dapat ditemukan di bagian lain Indonesia. Artefak dan pertunjukan budaya yang paling populer adalah desain batik, wayang kulit, tarian Jawa, musik Gamelan, pakaian kebaya dan sebagainya, sangat mudah ditemukan di seluruh kota.

4. Meditasi di Luweng Sampang

Temukan tempat yang tenang untuk duduk dan bermeditasi di balik tirai berair, di mana Anda akan menemukan pemandangan indah dan eksotis yang menyilaukan mata Anda. Wow, itu akan bagus untuk petualangan solo Anda! Anda akan merasa seperti berada di Grand Canyon, karena apa yang ada di depan Anda adalah batu-batu berukir, yang ditata secara alami, membentuk gambaran indah keindahan alam. Formasi batuan muncul oleh proses alami erosi air.

5. Gua Jombalng

Kunjungi Gua Jomblang! Pendakian ke gua Jomblang bisa jadi sulit dan berlumpur, dan mungkin Anda akan bangun dengan tangan dan kaki yang sakit pada hari berikutnya, tetapi itu sangat berharga! Abadikan “cahaya dari surga” pada kamera, dan Anda harus segera menangkapnya, karena itu hanya berlangsung selama beberapa detik ketika kami berada di sana. Menggali 6 cerita mungkin tampak menakutkan tetapi ini adalah petualangan yang mendebarkan yang tidak ingin Anda lewatkan. Ambil lompatan iman dan melangkahlah ke dunia lain di dalam hutan yang telah runtuh berubah menjadi gua ini. Sebuah perjalanan singkat melalui kegelapan akan membawa Anda berhadapan muka dengan salah satu pemandangan paling spektakuler yang pernah ada. Kenakan pakaian yang tidak lagi Anda inginkan, sehingga Anda bisa segera membuangnya. Bawalah sepasang kaus kaki untuk sepatu bot, topi mandi untuk helm dan satu set pakaian bersih untuk diganti. Masukkan ponsel Anda ke dalam tas tahan air yang dapat Anda gantung di leher Anda, dan gunakan ponsel Anda sebagai obor, karena gua bisa menjadi sangat gelap di beberapa titik.

6. Yogyakarta Adalah Kota Dengan Banyak Peninggalan Prasejarah

Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak peninggalan prasejarah? Salah satu buktinya adalah salah satu fosil manusia tertua di dunia telah ditemukan di negara ini. Jika Anda tertarik pada prasejarah, Anda harus mengunjungi Yogyakarta, karena banyak peninggalan prasejarah ditemukan di sana, di sekitar kota. Dua di antaranya adalah Candi Borobudur yang terkenal (candi Budha terbesar di dunia) dan Candi Prambanan (candi Hindu terbesar di Indonesia). Bahkan ada kuil yang baru ditemukan, saat ini sedang digali dan dipelajari. Jadi tempat ini bisa menjadi surga bagi para arkeolog. Jika tidak, Anda bisa berbelanja di Yogyakarta. Cukup kunjungi Malioboro, jalan perbelanjaan utama di Yogyakarta, yang terletak di jantung kota, ini adalah jalan utama dan dulunya merupakan jalan seremonial bagi Sultan untuk melewatinya dalam perjalanan ke dan dari Keraton. Jangan pernah merasa enggan untuk tawar-menawar ketika Anda akan berbelanja di sana, harga akhir biasanya ditentukan oleh keterampilan tawar-menawar Anda, dan penawaran akhir Anda.

7. Makanan Murah dan Bagus Untuk Jiwa

Seperti yang Anda ketahui, setiap wilayah di Indonesia memiliki kelezatan tersendiri. Di Jogja, hidangan yang paling dicari adalah Gudeg, yang rasanya sangat berbeda dari masakan Indonesia lainnya. Gudeg terbuat dari buah Jack, dimasak dengan santan dan rempah-rempah, yang memberikan rasa manis dan pedas, seperti yang bisa Anda tebak. Selain itu, biasanya disiapkan dengan kulit sapi, telur, kue kedelai, dan ayam, yang pasti wajib disantap di Yogyakarta! Anda dapat pergi ke Gudeg Bu Tjitro di jalan Janti atau di pusat Gudeg di daerah Wijilan. Namun Anda dapat menemukannya di banyak tempat, atau bertanya kepada orang lokal yang Anda temui selama perjalanan untuk memberi Anda alamat yang baik. Jadi untuk semua pecinta makanan, Anda juga harus mengunjungi Yogyakarta. Tinggalkan kehidupan kota duniawi Anda di belakang dan menuju petualangan baru yang hebat dengan rencana perjalanan Yogyakarta ini.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *