Apakah Anda Menemukan Artikel Ini Bermanfaat? Mengapa Tidak Berbaginya Lalu? Bagikan di Google + Tweet tentang hal ini di TwitterShare di Facebook dealer dfsk bandung
Mode Manual di Kamera DSLR dianggap sebagai setting out-of-this-world yang tidak pernah dipikirkan oleh banyak orang. Saya telah menemukan banyak orang yang memiliki kamera DSLR selama bertahun-tahun namun tidak pernah mencobanya. Alasan yang paling populer adalah bahwa hal itu mengharuskan mereka untuk memiliki pengetahuan teknis tentang Aperture, Shutter Speed ??dan pengaturan ISO yang memiliki kurva belajar yang curam.

Jika alasan ini membunyikan bel bahkan untuk Anda, mari kita atur di sini sekarang juga. Anda akan melihat diri Anda bermain-main dengan Manual Mode tidak seperti sebelumnya dalam hitungan beberapa menit. sewa led bandung

Saya telah menggunakan gambar setting kamera Canon Rebel T3i DSLR di artikel ini. Sebagian besar DSLR Canon mungkin memiliki setting yang sangat mirip. Jika Anda adalah pemilik DSLR Nikon, baca Dasar-dasar DSLR: 8 Langkah Mudah untuk Belajar Mode Manual untuk Kamera DSLR Nikon.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini persis seperti yang saya jelaskan, Anda tidak perlu beralih kembali ke mode Auto.

Ingin belajar fotografi? [thrive_2step id = ‘2953’] Panduan Pemula untuk Fotografi. E-book gratis di Fotografi untuk Pemula. EBuku Fotografi Terbaik Gratis. Ditulis oleh PrathapDownload Panduan Pemula untuk Fotografi. [/ Thrive_2step]

Langkah 1: Angkat Kamera Anda dan Hidupkan Timer
Ini adalah langkah yang paling penting. Jika Anda hanya membacanya di kantor Anda, atau restoran, atau kedai kopi, maka tidak peduli apa, Anda tidak akan pernah mempelajarinya. Jika Anda tidak memiliki akses ke kamera sekarang, maka hentikan di sini. Kembali ke rumah, angkat kamera Anda dan ikuti langkah selanjutnya.

Mulai timer sekarang. Mari kita lihat berapa banyak waktu yang akan Anda ambil untuk memahami mode manual.

Langkah 2: Putar tombol Mode untuk menunjuk ke M yang berarti Mode Manual
Putar tombol mode, yang biasanya berada di sisi kanan atas, untuk menunjuk ke M. Beberapa model mungkin memiliki tombol mode di sisi kiri atas.

Mode Dial untuk memilih Mode Manual di Canon Rebel T3i DSLR
Pilih Manual Mode dari Mode Dial seperti yang ditunjukkan pada gambar DSLR Canon Rebel T3i

Langkah 3: Arahkan Kamera di tempat Anda menemukan cahaya yang baik
Ini langkah yang sangat penting. Jangan abaikan langkah ini. Nyalakan kamera jika Anda belum melakukannya dan arahkan ke subjek / objek yang memiliki cukup cahaya. Jaga agar kamera tetap stabil di permukaan agar memastikan komposisi tidak berubah.

Pelajari Langkah Mudah Untuk Belajar Mode Manual

Untuk menggunakan Mode Manual di bawah semua kondisi pencahayaan baca Dasar-dasar Fotografi DSLR: Mendapatkan Paparan Sempurna Menggunakan Bukaan, Kecepatan Rana dan ISO.

Langkah 4: Periksa Pengaturan Kamera Penting
Tekan tombol disp yang akan menampilkan pengaturan saat ini di LCD.

Tombol display pada Canon Rebel T3i DSLR untuk mendapatkan setting Camera pada LCD
Tekan tombol display untuk mendapatkan pengaturan Camera pada layar LCD. Gambar yang ditampilkan adalah untuk Canon Rebel T3i DSLR.

Catatan: Setelah beberapa detik layar LCD mati, tekan tombol ANGKA untuk mengembalikannya.

Anda akan melihat terlalu banyak setting disana. Sampai sekarang, kami hanya tertarik pada Aperture (nomor F) dan ISO.

Aperture setting dan setting ISO ditampilkan pada layar LCD DSLR Canon Rebel T3i
Gambar di sebelah kiri menunjukkan nilai Aperture yang dilingkari dengan warna merah. Gambar di sebelah kanan menunjukkan nilai ISO yang dilingkari dengan warna merah.

Jika Anda belum pernah menyentuh mode manual, maka Anda harus melihat nomor F menjadi sangat kecil seperti f / 2.8, f / 3.5, atau f5.6. Jika tidak, tekan tombol Q (Quick Mode) lalu tuju ke pengaturan aperture dengan nomor F. Putar tombol atas ke kiri sampai tidak ada perubahan nomor F.

Tombol pilihan Quick Mode pada Canon Rebel T3i DSLR, untuk memilih Shutter Speed, Aperture dan ISO
Tekan tombol Quick mode dan gunakan tanda panah kanan untuk berpindah ke pengaturan Aperture (nomor F). Pilih nilai Aperture minimum untuk lensa Anda.

Jika nilai ISO 100, yang merupakan nilai paling sedikit, berarti Anda bagus. Jika tidak, tekan tombol Q lalu tuju ke pengaturan aperture dengan nomor ISO. Putar tombol atas ke kiri sampai Anda mendapatkan nomor ISO terendah biasanya 100.

Tombol pilihan Quick Mode pada Canon Rebel T3i DSLR, untuk memilih Shutter Speed, Aperture dan ISO
‘Tekan tombol Quick mode dan gunakan tanda panah kanan untuk beralih ke pengaturan ISO. Pilihlah pengaturan minimum ISO yang mungkin.

Langkah 5: Periksa indikator Metering Kamera
Periksa indikator metering kamera yang menampilkan garis putus-putus dengan -3 dan +3 di kedua sisi garis.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *